Minggu, 16 November 2014

Ini Dia Penyebab Android Lambat Dan Cara Mengatasinya

Kayak yang kita tau, saat ini android adalah sistem operasi mobile terbaik didunia. Walaupun pun dapet predikat terbaik dunia, tapi bukan berarti tanpa kelemahan. Inget! Gak ada yang sempurna didunia ini.
Android juga sama seperti perangkat elektronik lainnya, dimana lambat laun bakal nemuin berbagai macam kendala termasuk perangkat android yang melambat.
Kenapa perangkat android melambat?
Ini biasanya terjadi karena banyak file sampah yang menumpuk, ruang penyimpanan penuh, dan banyaknya perintah yang berjalan diwaktu bersamaan.
Kasian kan? Kalo diibaratin dengan kondisi manusia, dia itu sedang sakit tapi tetep aja dipaksa kerja keras tanpa di obatin. Yah mungkin beginilah nasib tulang punggung keluarga wkwkwkwk,..

Dan inilah 5 penyebab yang sering ngebuat android melambat serta cara ngatasinya

5) Ruang penyimpanan penuh
Diantara masalah lainnya, masalah yang satu ini terbilang sangat umum dijumpai pada perangkat android. Nah jika kamu merasa android mulai lambat sebaiknya hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengecek sisa ruang penyimpanan perangkat android.
Semua aplikasi yang kamu install selama ini mungkin bisa menjadi penyebab utamanya, karena aplikasi tersebut akan menyimpan beberapa informasi yang diperlukan dalam mengakses datanya dan kemungkinan akan terjadi pembengkakan data jika sudah terinstall selama menahun.
Periksa ruang penyimpanan Android mu dengan masuk ke Settings -> Storage. Di sana kamu dapat melihat total ruang penyimpanan dan sisa ruang yang tersedia.
Agar android dapat berjalan dengan lancar sebaiknya kamu menyisakan setidaknya 20% ruang kosong pada penyimpanan perangkat androidmu.

Cara mengatasinya:
- Masuk ke pengaturan -> Manager aplikasi dan uninstall aplikasi aplikasi yang tidak digunakan lagi.
- Buat aplikasi yang masih kamu gunakan dan tidak ingin di uninstall. Kamu cukup Hapus data cache dan data penggunanya aja.
- Langkah terakhir. Masuk ke file manager, kemudian Hapus file berukuran besar yang tidak digunakan lagi seperti lagu yang jarang diputar, menghapus file yang pernah di download, menghapus gambar yang kurang perlu dan menghapus video yang sudah kamu tonton.
Untuk cara ngebersihin android yang paling mudah, kamu bisa gunain aplikasi tambahan seperti sd maid.

4) Penggunaan widget secara berlebihan pada homescreen
Mungkin ini alasan kedua yang paling sering ditemukan saat android melambat adalah pemasangan widget yang berlebihan.
Widget adalah salah satu fitur yang memuat berbagai informasi pada perangkat Android. Setelah widget dipasang maka ia akan berjalan secara otomatis tanpa menunggu perintah sang pengguna, memang fitur ini lebih ngemudahin kamu untuk ngedapetin informasi secara update tapi jika sudah berlebihan akan menghambat kinerja android mu.

Cara mengatasinya:
- Coba kamu hapus beberapa widget yang sudah terpasang di homescreen (2-4 widget) dan lihat perbedaannya.
Jika kinerja android mu semakin lancar, maka kamu wajib buat ngehapus widget tadi.
- Jika kamu ngegunain aplikasi launcher dari pihak ketiga maka gak ada salahnya kamu stop terlebih dahulu dan ngegunain launcher bawaan android. Kenapa? Karena luncher dari pihak ketiga biasanya akan membuat kembali widget ui setiap kamu masuk ke tampilan home screen.
Dan ini bakal ngebebanin ram dan power cpu androidmu.

3) Pengaturan animasi yang kurang tepat
Kebanyakan launcher android dari pihak ketiga sudah menyertakan pengaturan animasinya sendiri. Dimana pengaturan ini memungkinkan kamu buat ngontrol antara kecepatan dan tampilan yang cocok untuk android kesayanganmu.
Tampilan animasi yang dimaksud bisa kamu lihat saat kamu membuka aplikasi atau saat beralih antar aplikasi.
Animasi punya peranan yang gak kalah penting dalam nentuin kecepatan android kamu, saat kamu beralih dari satu animasi ke animasi yang lain kamu bakal ngerasain perbedaan kecepatan yang signifikan. Dan jika kamu salah setting, maka bisa dipastiin android kamu bakal jadi android kelas keong wkwkwkwk,..

Cara mengatasinya:
Buka menu pengaturan pada launcher yang sedang kamu pakai -> pilih "Animations"  atau "Look and feel" -> pilih fast atau faster than light.
Settingan animasi diatas adalah opsi tercepat, jika android mu memiliki ram 512 Mb sampai 1 Gb maka sangat disaranin ngegunain opsi ini.

2) Terlalu banyak aplikasi aktif pada background dan kehabisan banyak RAM
Biasanya masalah seperti ini terjadi pada seseorang yang sering mengistall berbagai aplikasi. Jika ram masih banyak ruang kosong maka aplikasi yang sudah diinstall akan berjalan di background secara otomatis tanpa perlu di aktifkan oleh pengguna, ini bukan error tapi memang karena kecanggihan android itu sendiri. Dan bila ram sudah penuh maka aplikasi pada background pun akan di close secara halus oleh perangkat android.
Tapi apa jadinya kalo banyak aplikasi yang berjalan dibackground dan selalu memenuhi ram?
Nah kalo sampe terjadi berarti Ada 2 masalah yang bakal kamu hadepin.
1. Android melambat karena ram penuh.
2. Baterai akan boros karena menjalankan banyak multitasking pada background.

Cara mengatasinya:
Masuk ke menu switch aplikasi bisa dari bawaan android, launcher, ataupun menggunakan bantuan aplikasi cleaner lainnya kemudian cari dan klik "clean memory". Nanti semua aplikasi yang aktif pada background akan berhenti.
Simple kan?
Sayangnya cara ini hanya bersifat sementara.
Untuk cara yang lebih baik, kamu bisa gunain aplikasi greenify. Dimana aplikasi ini berfungsi untuk ngelock aplikasi biar gak aktif dibackground secara otomatis.

1) Terlalu banyak cache temporary
Inilah masalah yang paling sering di temui diperangkat android dan yang paling mudah diatasi. Cache temporary memang berukuran kecil, tapi setiap aplikasi sangat membutuhkan cache ini untuk memperlancar pengaksesan data.
Walaupun berikuran kecil tapi jika terus dibiarkan maka data cachenya akan menumpuk sehingga dapat menghambat kecepatan android kamu.

Cara mengatasinya:
Restart androidmu dengan cara menekan dan tahan tombol power kemudian pilih restart.
Nah kalo kamu ngerasa androidmu gak berjalan dengan normal, kamu bisa coba restart android mu.


1 komentar:

Popular Posts

Suara Android. Diberdayakan oleh Blogger.