Rabu, 21 Januari 2015

Cara Mengatasi Aplikasi Error

Tiap pengguna android pasti pernah mengalami error kayak gini. Dimana aplikasi bakal berhenti dan muncul pesan pemberitahuan error "the processcom.google.process.gapps has stopped" ataupun pesan seperti ini "com.google.process.gapps has stopped unexpectedly".

Masalah error ini sering banget dialamin oleh pengguna yang memang suka menginstall banyak aplikasi ke android. Mulai dari aplikasi game, hiburan, sosial, media player, bahkan sampai ke aplikasi yang kurang penting kayak aplikasi koleksi gambar cewek sexy misalnya wkwkwkwk.

Nah buat kamu yang lagi jengkel sama masalah error ini, sekarang gak perlu khawatir lagi karna kita bakal ngasih tau cara buat ngatasinnya.
Mari simak tutorialnya dibawah ini:

1. Cari Tau Penyebabnya
Pesan error "the processcom.google.process.gapps has stopped" biasanya nggak terjadi disemua aplikasi, melainkan hanya dibeberapa aplikasi aja. Sekarang kamu cari tau dulu aplikasi apa aja yang bermasalah.

2. Bersihkan Cache
Setelah aplikasi bermasalah ketemu. Kamu harus bersihin cache dari aplikasi tersebut. Dengan cara masuk melalui menu setting -> apps -> pilih aplikasi bermasalah tadi -> pilih clear cache (untuk menghapus cache pada aplikasi).

3. Hapus Data Aplikasi
Sebaiknya tes dulu aplikasinya. Kalau sudah normal, berarti kamu gak perlu ngelakuin langkah ketiga ini. Tapi kalau hasilnya masih tetep sama. Berarti kamu harus ngegunain cara yang lebih extreme lagi yaitu menghapus data aplikasi dari perangkat android kamu.
Langkahnya sama seperti langkah pada no 2, hanya saja dilangkah terakhir kamu pilih Hapus data.

Catatan:
Dengan menghapus data aplikasi. Maka kamu bakal kehilangan semua data yang ada di aplikasi tersebut seperti password, isi chat, level game beserta data lainnya, dan settingan yang sudah kamu atur pada aplikasi.

4. Install Ulang Aplikasi
Jika tetep gak berhasil, sebaiknya kamu unistall kemudian diinstall lagi secara manual (Tanpa menggunakan aplikasi tambahan seperti backup).

5. Disable Fitur Download
Terkadang ada juga tuh pesan error yang munculnya diawal. Ini berarti pesannya nongol secara tiba tiba tanpa harus membuka aplikasi apapun. Nah Untuk ngatasin masalah ini kamu cukup nonaktifin fitur download dari perangkat androidmu dengan cara masuk ke setting -> apps -> all -> downloads -> pilih disable.

6. Reset App Preference
Ini langkah terakhir yang harus kamu lakuin kalau semua cara diatas gak ada yang berhasil. Untuk mereset app kamu masih harus ngotak ngatik menu pengaturan lagi. Caranya masuk setting -> all -> tekan tombol menu -> pilih reset app preferences.
Nanti appnya akan direset dan pesan error bakal hilang dari perangkat androidmu.

Sebelum gunain langkah ajaib ini, ada baiknya kamu ucapin selamat tinggal dulu ke pesan error tadi. Biar nantinya kamu gak ngerasa nyesel karna udah kehilangan dia dari perangkatmu.

Gimana mudahkan ngatasinnya?
Cukup lakuin satu persatu aja. Kalau sudah berhasil, kamu gak perlu nyobain langkah selanjutnya kok. Kecuali langkah pertama.

Kalau masih ada yang kurang jelas atau ada yang ingin dtambahankan silahkan tulis di kolom komentar.

Popular Posts

Suara Android. Diberdayakan oleh Blogger.