Selasa, 20 Januari 2015

8 Fitur Ini Yang Membuat Android Lollipop Tampil Lebih Keren Dibanding iOS 8

Udah pada tau kan dua sistem operasi mobile terbaik saat ini? Yups, dua sistem operasi tersebut adalah Android dan iOS. Kedua OS mobile ini selalu bersaing secara ketat untuk jadi yang terbaik di dunia mobile.
Baru baru ini pun keduanya merilis os terbaru mereka yaitu Android 5.0 Lollipop dari Google dan iOS 8 dari Apple.

Meski dua duanya sudah memberikan fitur terbaru yang canggih tapi bukan berarti gak ada ada kekurangan. Kemampuan kedua OS ini pun cukup berimbang, hanya saja Android Lollipop hadir dengan fitur yang lebih kaya dan inovatif.

Nah ini dia 8 fitur yang ngebuat Android Lollipop tampil lebih keren dibanding iOS 8

1. Guest Mode
Fitur Guest Mode ini memungkinkan perangkat androidmu bisa digunain sama banyak orang. Terutama oleh orang orang yang ada di sekitar kamu seperti keluarga, temen deket, bahkan pacar kamu.

Guest Mode berfungsi untuk mengunci fitur tertentu supaya gak bisa di akses sama orang lain. Nah jadi sekarang kamu bakal ngerasa aman waktu minjemin android mu ke mereka.

2. Battery Saving
Fitur Battery Saving memungkinkan kamu untuk menghemat daya pakai baterai android. Menurut Google, dengan adanya fitur ini maka daya baterai androidmu bisa tahan hingga 90 menit lebih lama dari biasanya.

Cara kerjanya gak berbeda jauh dengan aplikasi penghemat baterai lainnya yaitu dengan mengoptimalkan fitur bawaan android seperti menonaktifkan koneksi yang tidak terpakai, mengurangi performa disaat saat tertentu dan lain lain.

Nah fitur Battery Saving ini cuma bisa kamu temuin di android 5.0 Lollipop karna di iOS 8 pihak Apple belum nyertain fitur ini .

3. Smart Lock
Fitur Smart Lock memungkinkan kamu untuk membuka kunci perangkat android dengan cara mempairing ke perangkat lain seperti smartwatch.

Fitur canggih ini cuma bisa kamu temuin di OS Android Lollipop.
Sedangkan pada perangkat iOS kamu hanya bisa ngebuka kunci dengan cara yang biasa seperti swipe layar, masukin pin, dan ngegunain sensor sidik jari.

4. USB Mass Storage
Salah satu kekurang iPhone di banding Android adalah pendeteksian penyimpanan pada Windows PC. Walaupun iPhone sudah tujuh tahun diluncurkan tapi seri terbaru iOS 8 tetep aja sama kayak seri sebelumnya.

Saat kamu ngehubungin iPhone ke PC, maka secara otomatis ia akan terdeteksi sebagai kamera digital. Ini beda dengan perangkat pada OS Android yang selalu terdeteksi sebagai penyimpanan portabel seperti Flashdisk, Hardisk, ataupun Memory External lainnya.

Selain itu pada OS Android memungkinkan kamu untuk mengekspansi penyimpanan external (Micro SD Card) di Windows PC. Sedangkan pada iOS fitur ini belum tersedia hingga saat ini.

5. Manajemen Aplikasi
Aplikasi tambahan itu sangat penting bagi pengguna smartphone, karena aplikasi tambahan dari pihak ketiga bakal ngemudahin kamu untuk melakukan Sesuatu.

Sayangnya para pengguna iOS  gak bisa ngelakuin banyak hal terhadap aplikasinya. Cuma 3 hal yang bisa mereka lakuin di iOS yaitu menginstall aplikasi, membuka/menjalankan aplikasi, dan menghapus aplikasi.
Sedangkan pada perangkat Android, pengguna di kasih kebebasan untuk ngotak ngatik berbagai macam aspek dari aplikasi yang ada di perangkat itu sendiri.

Selain itu Android juga ngasih kebebasan buat nentuain aplikasi default yang mau di pake penggunanya. Seperti mengatur aplikasi default browser, launcher, email client, video player, bahkan aplikasi default photo editor pun bisa diatur sesuai dengan keinginan pengguna.

6. Dukungan NFC
Selain Android ada dua smartphone lain yang sudah support dengan NFC, yaitu Windows Phone dan Blackberry. Yah walaupun perangkat Android bukanlah satu satunya smartphone yang full support dengan fitur NFC tapi setidaknya ini bisa menjadi salah satu keunggulan Android di banding perangkat iOS.

Sebenarnya di perangkat iOS 8.1 juga sudah mendukung NFC, tapi sayang gak semua fitur di buka oleh apple. Dan hanya bisa digunain sebagai fitur pendukung Apple pay.

7. Aplikasi
Pengguna Android bisa menginstal aplikasi dari berbagai sumber, gak hanya terpaku pada Play Store. Asalkan penggunanya sadar akan bahaya yang dia terima saat menginstall aplikasi selain dari Play Store.

Di iOS, penggunanya cuma bisa menginstal aplikasi dari App Store milik Apple. kecuali mereka men-jailbreak perangkat iOS yang tentu akan menghanguskan garansi.

8. Fotografi
Dari segi fotografi, hasil jepretan kamera android memang kalah jernih bila dibandingkan dengan kamera yang di usung pada iPhone. Tapi kalau bicara soal fitur, Android punya keunggulan yang udah pasti gak akan kelawan sama iPhone. OS buatan google banyak menawarkan fitur advanced pada Android Lollipop seperti perekam video 4K, pengaturan manual yang beragam saat memotret, dan potret dengan format RAW.

Dengan 8 fitur pembeda diatas maka udah jelas kalau OS Android Lollipop bakal tampil lebih mengesankan dibanding iOS 8. Dan kemungkinan terbesar yang akan terjadi adalah perangkat android diprediksi mampu menguasai pasar digital seperti pada tahun tahun sebelumnya.

Popular Posts

Suara Android. Diberdayakan oleh Blogger.