Kamis, 20 November 2014

Ini Dia Bahaya Yang Mengancam Kamu Saat Menginstall Aplikasi Bajakan

Di indonesia penggunaan berbagai barang bajakan itu udah umum termasuk aplikasi android dan game android.
Mungkin 2 hal ini penyebabnya:
Yang pertama kekurang pahaman akan transaksi online dan yang kedua memegang teguh prinsip hidup irit wkwkwkwk,..
Untuk ngedapetin game dan aplikasi bajakan ini kamu bisa temuin dengan mudah lewat bantuan mbah google, tinggal masukin keywordnya dan criiing,..!! Akan muncul aplikasi berbagai versi bajakan yang tentunya bisa di download secara gratis pada situs penyedia tersebut.
Nah kalau kamu adalah pecinta aplikasi gratisan kayak kita, kamu harus waspada dengan aplikasi bajakan.
Alesannya simple, aplikasi bajakan itu gak terpercaya dan gak jelas asal asulnya. Bisa aja kan ada orang iseng yang sengaja nyisipin program jahat ke dalam game atau aplikasi yang kamu download.
Gak cuman itu, bahkan terkadang ada juga orang iseng yang ngebuat aplikasi atau game mirip dengan aslinya. Mereka bisa malsuin semua hal mulai dari icon, tampilan ui, bahkan ngegunain nama pengembang yang sama dengan aslinya.
Program jahat biasa disebut dengan malware dan keberadaannya bisa sangat merugikan kamu sebagai pengguna.
Yuk simak ancaman yang yang dapat dilakukan malware terhadap perangkat android mu.

1. Mencuri Data Android
Saat kamu menginstall aplikasi ini maka ia punya akses untuk membuka segala sesuatu yang ada di androidmu seperti membuka daftar kontak, melihat daftar email temanmu, mencuri nomer telpon, mencuri foto dan lain lain.
Cara kerja malware seperti ini adalah mengirimkan data yang ia curi ke server secara diam diam. Nah data yang sudah mereka terima dari malware inilah yang akan mereka manfaatkan untuk keperluan pribadinya seperti ngirimin berbagai newsletter ke semua alamat email atau ngirimin penawaran produk baru ke email email tadi. Bahkan kadang ada juga yang manfaatin foto dan nomer telpon sebagai testimoni palsu.

2. Memata matai aktifitasmu
Diantara semua malware kayaknya type ini yang paling nyebelin. Kenapa? Karna secara diam diam malware mata mata ini akan merekam semua aktivitas di android mu dan akan mengirimkannya ke server. Malware ini mirip dengan program keylogger windows, jadi mereka akan ngedapetin apa aja yang udah kamu ketik di layar termasuk saat ngetik username dan password.
Dan kamu pasti gak akan tau kalau android mu udah dimasukin ama malware mata mata, semua ini karena malware tersebut gak nunjukin gejala yang aneh pada perangkat android.

3. Mengakses Data Root
Kebanyakan malware sudah bisa mengakses root tanpa harus meminta izin terlebih dahulu kepada penggunanya. Dan jika kamu ketemu sama malware yang kayak gini, itu artinya bahaya udah mengancam kamu karna bisa aja malware tersebut bakal menghapus file sistem android secara diam diam tanpa sepengetahuan kamu. Atau bisa juga menghapus semua file pribadi kamu sampai gak tersisa satu pun.

4. Berlangganan Layanan Premium
Saat perangkat android mu sudah terjangkit malware, maka malware tersebut sudah mendapatkan akses untuk melakukan berbagai hal terhadap android mu. Seperti membuka isi file, mengubah file, menghapus file, bahkan memiliki akses untuk mengirimkan sms.
Malware type inilah yang akan menghabiskan banyak pulsamu. Karena ia akan mengirimkan sms untuk berlangganan layanan premium (misalnya seperti REG spasi ANDROID ke 2323)
Kalau satu kali pengiriman kamu dikenai biaya 5.000, dan dalam sehari kamu dapet 2x. maka perharinya kamu harus kehilangan pulsa sebesar 10.000.
Sekarang udah pada tau kan gimana bahayanya aplikasi bajakan.
Biar androidmu gak keinfeksi sama malware diatas sebaiknya kamu download aplikasi dari sumber terpercaya dan selalu sediain aplikasi anti virus atau anti malware di androidmu.


2 komentar

Terima kasih atas informasinya mulai saat ini saya tidak berani atau enggan mendowload aplikasi bajakan.Lebih baik dowload atau beli aplikasinya di playstore ketimbang di internet. Ya saya juga pernah mengalaminya di antaranya video sama fotonya tidak ada tapi hanya sebagian foto masih ada. Merasa di rugikan dowload di internet! #saveandroid #savesmartphone

Reply

Terima kasih atas informasinya mulai saat ini saya tidak berani atau enggan mendowload aplikasi bajakan.Lebih baik dowload atau beli aplikasinya di playstore ketimbang di internet. Ya saya juga pernah mengalaminya di antaranya video sama fotonya tidak ada tapi hanya sebagian foto masih ada. Merasa di rugikan dowload di internet! #saveandroid #savesmartphone

Reply

Popular Posts

Suara Android. Diberdayakan oleh Blogger.